Berdialog dengan Diri Sendiri Memang Tidak Mudah. Hanya Allah yang Dapat Membuat Ini Semua Menjadi Mudah

Catatan ini ingin kuawali dengan ucapan Alhamdulillah atas segala karunia yang telah Allah berikan kepadaku. Saat kita berada dalam keterpurukan, merasa lemah, tak berdaya karena keinginan tak selalu berbanding lurus dengan kenyataan.

Kekecewaan yang kita alami saat ini, kerap mengganggu pikiran kita. Namun percayalah ketika kegagalan atau kekecewaan itu justru mendekatakan kita kepada Allah, maka ucapkan Alhamdulillah. Bahwa Allah masih sayang pada kita, ujian yang datang justru membuat kita kembali pada fitrah kita. Bahwa sejatinya, setiap jiwa yang tenang akan kembali kepada Allah.

Dan ketika kemenyerahan datang meringkus dirimu, selalu ingat janji-janji Allah yang tidak akan pernah salah, Allah tidak akan pernah mengingkari janjinya. Bahwa bersama kesulitan pasti ada kemudahan, bahwa ketika kita bersyukur Allah akan menambah nikmat kepada kita, bahwa Allah itu dekat dan Allah akan mengabulkan doa orang yang berdoa kepadanya, bahwa dengan mengingat Allah hati menjadi tenang. Ingat semua janjinya, maka akan kita temukan harapan di sana.

Pikiran-pikiran buruk, maupun harapan-harapan semu yang bersifat duniawi itu hanya ujian dan godaan yang datang kepadamu. Kenali diri lebih dalam lagi, jika tak kau temukan ketenangan, maka itu bukan dari Allah.

Ya Allah, kuatkan pundak kami yang saat ini sedang Engkau uji dengan diri sendiri. Agar senantiasa terus berkhusnudzon hanya kepadamu. Dekatkan kami pada kebaikan yang datanya hanya dari-Mu.

#NtMS

 

Leave a Reply