Kejutan Apa Lagi Setelah Ini

Aku baru menyadari sesuatu, bahwa hidup adalah tentang menunggu. Setiap detik yang kita jalani saat ini adalah buah dari kesabaran kita menunggu. Meski bergerak, kita tetap sedang menunggu. Kita menunggu kemana alam membawa kita berjalan. Sebab, kita tidak pernah benar-benar tahu apa yang akan terjadi esok hari.

Waktu-waktu yang kita jalani hari ini, adalah tentang bagaimana kita mensyukurinya. Memanfaatkan setiap detik agar tetap bernilai di sisi-Nya. Berharap apa yang kita dapatkan di kemudian hari lebih bernilai dari apa yang kita kerjakan hari ini. Sebab, Allah selalu begitu bukan? Selalu memberikan yang terbaik bagi umatnya meski kadang untuk sesuatu yang tak pernah kita minta.

Esok hari kita akan tertawa atau menanis lagi, itu masih jadi misteri. Dan saat ini kita sedang menunggu misteri itu menjadi nyata. Kita akan tahu apa maksud Tuhan menghadirkan momen ini kepada kita hari ini. Kelak kita akan menarik kesimpulan, kenapa kita pernah dipertemukan. Kelak kita akan saling memahami kenapa hari ini kita bertemu lagi.

Dan saat ini aku sedang menunggu. Menunggu kemana sebenarnya alam akan membawaku atas kejadian hari ini. Kejadian yang sekuat tenaga tidak ingin kupertanyakan, “untuk apa sebenarnya semua ini terjadi?” Untuk kejadian yang aku hanya ingin tunduk pada-Nya saja tanpa perlu banyak tanya. Waktu yang kujalani hari ini adalah tentang bagaimana aku mensyukuri dan menjadikannya tetap bernilai di sisi-Nya. Dan tentang hari esok, aku hanya ingin menungu, menunggu kejutan apa lagi yang akan aku terima di kemudian hari.

Selamat menunggu. . .

“. . . Dan tidak ada seorang pun yang mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok . . .” (Luqman: 34)

 

Leave a Reply