Q & A

Keresahan

Q: Gimana caranya ngebedain apa yang kita pikirkan di kepala kita itu datangnya dari Allah dan datang dari ego kita sendiri? Yang lebih parah kalo ada peran syetan di situ…

A: Kenapa nanya gitu?

Curhat: Gue takut ni apa yang gue pilih sekarang, apa yang gue coba lakukan itu termasuk ketidakpatuhan.

 

Ada dua jawaban yang akhirnya bikin hati tenang.

Answer 1 : Sepengalaman gue, kalo perkara itu bikin hati lo tenang. Itu artinya Allah ridha. Ketika mengambil keputusan itu lo jadi lebih tenang, lanjutkan aja.

Tapi kalo hati lo nolak, pikiran lo nggak tenang. Itu perlu dipertanyakan lagi apakah yang lo lakukan itu atas dasar kepatuhan atau cuma ego lo doang yang berperan.

Answer 2 : Allah selalu memberikan choice kepada umatnya. Ni ada jalan yang lurus ni, nah Allah kan nggak nyuruh semua manusia untuk jalan samabil merangkak kan? Lo mau jalan dengan satu kaki kek, lo mau jalan sambil berlari kek, lo mau jalan sambil ngesot, itu terserah elu. Yang penting lo masih di track yang lurus.

Memperjuangkan sesuatu yang membahagiakan diri bukan berarti nggak patuh. Tapi itu adalah pilihan lo mau mengubah nasib lo atau lo mau ikut aja kemana arus membawa lo. Inget, itu cuma soal pilihan mau jalan dengan cara bagaimana.

Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tidak mau mengubahnya.

 

Ditanya balik

Q: Sekarang gue tanya, lo melakukan hal ini karena apa?

A: Karena gue pengen tau aja pada kahirnya nanti. Allah itu lagi mau ngajarin tentang memperjuangkan apa yang kita inginkan. Atau menerima apapun yang datang. Meski pada akhirnya kita tetep harus bersyukur atas apapun yang kita miliki setelah berjuang.

Nasihat: Nah, apa yang bisa dilakukan sekarang, yaudah lakukan sekarang. Kalau pada akhirnya Allah belokan jalannya. Percaya aja belokan itu adalah jalan terbaik.

Setelah berusaha… Keep smiling, and keep khusnudzon that Allah plans is much better than on your plan. 🙂

sumber foto: http://www.freepik.com/free-photo/view-of-a-city-from-the-ground_921711.htm’>Designed by Freepik

Leave a Reply